-

Wednesday, May 15, 2013

Organisasi Tertua Pecinta Alam di Indonesia


Apa nama organisasi tertua di Indonesia? Artikel ini mungkin bisa mengobati rasa penasaran Anda untuk mengetahui jawabannya.

Organisasi tertua Pecinta Alam di Indonesaia adalah Wanadri. Untuk lebih lengkapnya, abiekhan.blogspot.com, memaparkan seperti berikut.

Sebenarnya Kalau kita putar mesin waktu kita, Pecinta alam sudah ada sebelum Negara kita merdeka. Pada tahun 1912, di Nusantara sudah ada yang namanya DE NEDERLANDSH INDISCHE VEREENIGING TOT NATUUR RESCHERMING kita memang tidak tahu apa arti dari nama tersebut, tapi dilihat dari katanya yang jelas ada Natuur-nya.Dan pada tahun 1937 terbentuklah BESCHERMING AFDELING VAN’T LAND PLANTETUIN. Inilah kegiatan kepencintaalaman mulai aktif. Tapi kapankah kegiatan pencinta alam secara resmi dimulai di jaman Republik Indonesia..???


Untuk mencoba menjawabnya, ini saya ringkaskan artikel dari alm. Norman Edwin berjudul “Awibowo – Biang Pencinta Alam Indonesia” (Mutiara, 20 Juni-3 Juli 1984). Awibowo adalah pendiri dari salah satu perkumpulan pencinta alam pertama di Indonesia. Nama perkumpulannya yaitu “PERKOEMPOELAN PENTJINTA ALAM”(PPA). Berdiri 18 Oktober 1953 dan bubar pada akhir tahun 1950. Dan setelah itu berdirilah WANADRI (PERHIMPUNAN PENEMPUH RIMBA DAN PENDAKI GUNUNG), merupakan salah satu organisasi tertua yang bergerak dalam kegiatan alam bebas.


Wanadri mempunyai sekretariat di kota Bandung. Wanadri berdiri tahun 1964, tahun yang sama dengan tahun lahirnya MAPALA SASTRA UI.

Gagasan untuk mendirikan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri dicetuskan oleh sekelompok pemuda yang sebagian besar adalah bekas pandu pada bulan Januari 1964.

Perhimpunan ini kemudian diresmikan pada tanggal 16 Mei 1964. Wanadri terdiri dari sekelompok orang yang mencintai kehidupan di alam bebas.

Wanadri lebih jauh lagi merupakan masyarakat tersendiri, yang memiliki aturan dan norma baik tertulis maupun tidak, namun semua itu berlaku dan dihormati.

Nama Wanadri berasal dari bahasa Sansekerta. “Wana” berarti hutan dan “adri” itu gunung. Wanadri berarti gunung di tengah-tengah hutan.

Visinya berdasar AD/ART adalah menjadi organisasi pendidikan untuk mendidik manusia, khususnya anggotanya untuk mempunyai nilai-nilai yang terkandung dalam hakekat dan janji Wanadri.

Tujuan Wanadri adalah membentuk manusia yang mandiri, ulet, tabah. Mendidik anggotanya menjadi manusia Pancasilais sejati, percaya pada kekuatan sendiri. 

0 komentar:

Post a Comment

Saling menghormati sesama komentar..........

NEWS

« »
« »
« »