-

Sunday, August 5, 2012

Perlengkapan Pendakian


Perlengkapan Pendakian

SEORANG PENDAKIAN HARUSLAH MEMILIKI PERLENGKAPAN YANG LENGKAP AGAR DALAM PENDAKIANNYA MERASA NYAMAN DAN AMAN. BERIKUT INI ADALAH BERBAGAI MACAM PERLENGKAPAN PENDAKIAN DARI MULAI TAS GUNUNG HINGGA PERLENGKAPAN YANG LAIN.


1. Tas Gunung (Carier)
Carier berguna untuk meletakkan pakaian,logistik,obat-obatan dan peralatan mandi.
Ada hal yang perlu kita ingat dalam penggunaan Carir. Hal tersebut ialah kenyamanan Carier yang rangkanya sesuai dengan bentuk tulang punggung kita.
Hal-hal yang perlu dalam memilih Carier:
– Ringan. Sebaiknya memilih Carier yang terbuat dari bahan water proof, bahan ini tidak menyerap banyak air disaat basah dan juga dapat melindungi isi nya.
– Kuat. Mampu membawa beban dengan aman,tidak mudah robek dan berdaya tahan tingi.
– Nyaman (comfort table) Carier yang mempunyai rangka, ini berguna agar berat beban merata dan seimbang keseluruh tubuh. Tali penyadang Carier harus kuat, agak lebar, empuk dan mudah distel.
2. Tenda
Mengenai tenda yang harus diperhatikan adalah tenda yang dapat menahan hujan dan
angin. Lebih baik menggunakan tenda jenis dome karena lebih simple dan mudah mendirikannya. Untuk mendirikan tanda usahakan di tempat yang datar mendekati mata air jauh dari pohon – pohon yang kering dan menghadap jalan .
3. Alat masak dan makanan
Alat – alat perlengkapan masak yang di bawa harus praktis dan efisien seperti nesting, kompor gas tabung . Sedangkan makanan yang dibawa harus makanan yang ringkas dan mudah dimasak seperti mie, sarden, kornet, susu kaleng dan makanan lain yang banyak mengandung hidrat arang atau makanan yang banyak menghasilkan energi seperti coklat, gula merah dan madu
4. Pakaian
Karena sering terjadi perubahan cuaca, maka sebaiknya menggunakan pakaian yang dapat menyerap keringat, jangan lupa membawa jaket atau sweter, sarung tangan, topi atau sebo yang berwarna mencolok, gunanya seandainya tersesat akan mudah terlihat oleh TIM SAR.
Dalam perjalanan mendaki gunung sebaiknya mengenakan pakaian yang mudah kering atau tidak terlalu menyerap air bila basah. Mengenai perlengkapan tidur sebaiknya menggunakan Sleeping Bag (kantong tidur), bahan yang bagus adalah dari jenis Down dan Duvet (terbuat dari bulu angsa) atau dari bahan parasut.
5. Sepatu atau Sandal Gunung
Gunanya untuk melindungi kaki kita dari batu tejam, kayu runcing, gigitan binatang serta duri – duri yang banyak kita temui selama perjalanan mendaki gunung tersebut.
Adapun syarat – syarat sepatu yang baik yaitu sepatu yang mempunyai kembang yang besar dengan ceruk yang dalam dan berpunggung yang tanggi, gunanya untuk memantapkan posisi kaki terhadap tebing yang curam dan bebatuan yang terjal. Sebaiknya menggunakan sepatu atau sandal yang bahanya terbuat dari karet karena tidak mudah robek bila terkena duri atau batu yang cadas dan memakai sepatu atau sandal yang berukuran lebih besar untuk menghindari kelecetan pada kaki.
6. Jas Hujan atau Ponco
Gunanya apabila keadaan atau cuaca disana tidak mendukung atau hujan kita
bisa menggunakan jas hujan atau ponco tersebut untuk melindungi tubuh kita dari air
hujan, sehingga kita tidak basah dan kedinginan.
 7. Lentera atau Senter
Gunanya untuk penerangan, apabila kita melakukan pendakian pada malam hari dan untuk penerangan dalam tenda dimalam hari.
8. Peralatan P3K
Peralatan ini sangat penting untuk mengatasi keadaan yang tidak diduga seperti terkena duri, sengatan binatang, digigit ular dan lain – lain.
Beberapa bahan atau peralatan P3K yang harus dibawa antara lain:
Alkohol
Air bersih, Boor water, Povidone iodine (obat untuk mencuci luka)
Paracetamol (obat untuk mengurangi rasa nyeri)
Amoniak atau Eau de cologne (bahan untuk menyadarkan)
Adapun jenis alat yang harus tersedia antara lain:
Pembalut cepat
Pembalut gulung
Pembalut segitiga
Kapas
Plaster
Kasa steril
Gunting
Pinset
Jarum
9. Perlengkapan untuk MCK meliputi:
Haduk
Sabun
Sikat gigi
Odol
Dan lain – lain

0 komentar:

Post a Comment

Saling menghormati sesama komentar..........

NEWS

« »
« »
« »